28 komentar
  1. gue udah tau hal itu mas yud, tapi emang rasanya susah banget kalo solat subuh berjamaah kayak solat jum'at.. tapi gue sendiri nyoba bua ngejalaninnya.

    bener sih, daripada kita koar2 gak jelas, mending kita tegakan solat dan mendoakan para sodar2 kita di palestina sana. semoga mereka selalu dalam lindungan ALLAH SWT. amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bro, karena susah inilah yang jadi indikasi kalau hal ini terjadi umat islam sudah bersatu dan sanggup mengalahkan israel

      bia susah, kalo kita usaha insya allah pasti ada jalan kok :D

      Hapus
  2. Nah, iyaaa... kebayakan malah ngutuk sumpah serapah di media sosial. tapi sebenarnya bantuan yang dapat diberikan itu yaa menengadahkan tangan berdoa untuk saudara kita disana.
    yakin, orang indonesia nggak bakal sanggup angkat senjata kesana.. meskipun ada pasti hanya beberapa orang..
    #SavePalestine #Prayforgaza :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan sumpah serapah, Israel nggak lantas langsung hancur, yang kita butuh itu aksi nyata ... aksi nyata yang bisa dilakuin ya dengan tindakan ini ;')
      #SavePalestine

      Hapus
  3. Artikelnya keren! Gue setuju.. Banyak orang yang mengartikan "peduli Palestin" itu dengan cara memasang foto di social media, gambaran warga Palestin yang miris banget. Mungkin niatnya mengajak utk peduli. Tapi, menurut saya ada cara yang lebih baik dibanding sekadar share foto. Sepeti misalnya artikel ini. Selain itu, kemarin saya dan keluarga diajak bokap untuk membaca bbrp ayat al-qur'an utk korban. Dan masih banyak lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, dengan baca al-qur'an untuk saudara kita di palestina itu juga salah satu contoh nyata bantuan kita buat saudara di palestina sana, :D

      Hapus
  4. aku juga pernah baca nih yang beginian di fesbuk.. aku jaraaaang banget berjemaah subuh.. kecuali kalo pondok romadhon.

    semoga disana diberikan kekuatan dan ketabahan.. hanya bisa bantu doa soalnya :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin :D

      Lebih mustajab lagi kalo doanya di waktu shalat shubuh berjama'ah, pasti bakal lebih didengar lgi doanya sama allah :')

      Hapus
  5. Bener juga kamu, percuma dong kita ngumpat mereka, pake kata-kata kotor, songong di fb, bahkan di twitter juga membludak, dan sering mengecam doang, sedangkan itu cuma tindakan yang sia-sia.
    Disuruh perang, nggak mau, disuruh nyumbang, nggak punya duit(ngakunya).
    Duhh, dunia emang lagi sakit dan sekarat.
    Emang cuma bisa nyumbang doa dan sedekah semampunya. Setidaknya semua dilakukan secara ikhlas..

    Thumbs up for this post! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih :')
      Ya seengaknya kita enggak membalas perbuatan kotor mereka dengan perbuatan kotor juga, masa iya kita dengan mereka (israel) sama-sama kotor -_-
      Iya, dengan bantuan itu jga kita sudah bisa mengurangi penderitaan saudara kita di palestina ;')

      Hapus
  6. gue sebenarnya orang yang 50:50 terhadap gerakan peduli palestina. Di satu sisi saudara seiman, di sisi lain masih banyak orang yang membutuhkan bantuan di sekitar kita. Terus juga orang2 di media sosial menunjukkan simpati dgn masang foto2 korban palestina gitu menurut gue malah... errr... gak pantas aja. Gue lebih memilih mendoakan palestina aja karena gue yakin masalah di sana gak sesimpel yang kita kira di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut gue karena banyak pihak yang ikut terlibat di konflik ini, jadinya banyak pemberitaan yang simpang siur juga makin bikin konflik merumit .....
      tapi gue yakin dengan ikut berdoa dan membantu dana semampu kita, kita bisa cukup memberi asa agar konflik ini cepat terselesaikan :')

      Hapus
  7. Kalo soal sholat berjama'ah di waktu subuh dan kehancuran Israel udah aku pernah denger dan baca sebelumnya. Ehm, tapi agak gimana juga gitu mencaci maki dan mengutuk habis-habisan Israel. Aku bingung aja, ada gitu doa yang isinya makian dan kutukan bisa dikabulkan sama Allah? Entahlah ._.

    Tapi pesan disini adalah, agar kita selalu berjama'ah dalam melakukan sesuatu, intinya, bersama-sama. Gimana mau menang kalo bersatu aja masih belum bisa, ya toh?
    Ini tulisannya inspiratif banget (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip... Bener banget tuh, dengan bersatu hal-hal yang musahil bisa kita lakukan :')
      Selain itu dengan bersatu kita bisa mennjukan banyak hal pada dunia, menunjukan kalau islam bukan teroris, bukan seperti apa yang dunia tuduhkan selama ini pada kita

      Hapus
  8. Menurut gue kalo ada yang sampe memaki, ngeluarin kata kasar adalah bentuk kejengkelan ketika saudara kita dibunuh dengan kejam. Tapi emang kalo keterlaluan gak bagus juga sih.. Mendingan do'a buat saudara-saudara kita dan buat perdamaian dunia. :)

    Gue gak pernah berkata-kata kasar atas serangan israel, karena kalo gue lihat orang-orang mengasosiasikan serangan israel ke palestina ini karena perbedaan agama. Mungkin orang-orang kayak gini harus lebih banyak baca berita tentang Hamas vs Israel. Ini tidak selalu tentang agama, tapi serangan apapun itu, dalam tujuan apapun emang biadab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sudah bukan masalah agama aja, ini tentang kemanusiaan, bukan cuma islam dengan yahudi,bukan masalahnya kita mengutuk suatu agama tertentu, ini sudah masuk dalam kejahatan kemanusiaan, bukan cuma umat islam yang harus membantu palestina, harusnya semua umat bergama lain juga ikut peduli dengan Palestina :')

      Hapus
  9. setau gue, memang sholat subuh dan isya itu, adalah sholat yang punya pahala lebih baik disisiNya. karena jaman dulu itu lampu nggak ada. jadi klo mau solat subuh atau nggak, ga bakalan keliatan. kan masih gelap. begitu juga dengan solat isya. nah, makanya rasul bersabda seperti itu. kalo setau ane sih, mas. heheh

    seandainya aja, seluruh umat islam bersatu, pasti israel juga bakalan kalah. seandainya loh ya. apalagi semua negara timur tengah, tambah indonesia, malaysia, yg penduduk muslimnya banyak, pasti bakalan takut deh orang israel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, paling diutamakan buat shalat berjamaah itu subuh dan isya, gue pernah baca kalo kita bisa shalat subuh dan isya berjamaah kita bakal terhindar dari sfat munafik

      Langkah paling nyata, ya kita mulai dari Indonesia, mulai dari diri kita sendiri buat shalat subuh berjamaah :D

      Hapus
  10. iya itu juga gue udah pernah denger...ada alternatif sih...
    1.perbanyak sholat subuh berjamaah
    2.kurangi sholat jumat
    #NGAWUR :D #BERCANDA
    btwe gue baru pertama ke sinin nih, salken ya. follow balik dong :)

    BalasHapus
  11. Nggak tau kenapa, setelah denger kabar kalau Israel ngirim roket lagi ke Palestina waktu seluruh dunia sibuk sama piala dunia, rasanya pengen nangis. Iya, di sini kita enak-enakan nonton piala dunia, di sana mereka bahkan masih bisa bernapas aja udah syukur.

    Iya aku juga pernah denger kata-kata itu di twitter. Aku sebenernya bingung maknanya apa. Tapi setelah sadar, iya juga kalau intinya persatuan. Kebersamaan. Kalau orang-orang palestina bersatu buat ngelawan balik ya Israel takut. Tapi menurutku sih ini bukan soal agama ya. Kalo soal agama, di Israel sendiri aja ada juga kan yang muslim. Kenapa nggak diteror juga?

    Sebagai orang yang nggak bisa ikut perang, ikut nyumbang juga nggak bisa banyak, aku sih cuma bisa berdoa untuk saudara-saudara di sana. Toh selama doa itu tulus, Allah pasti mendengarkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan cuma waktu piala dunia, ini aja sekaraang mereka masih dalam suasana lebaran tapi Israel masih memborbardir ke palestina kok, bayangin... disini kita bisa berlebaran dengan suasana aman dan nyaman, tapi di palestina sana mereka sibuk ngungsi dan menyelematkan diri dari roket Israel -_-

      Amiin, semoga doa seluruh umat muslim yang ada di Indonesia bisa ikut meringakan penderitaan saudara kita di palestina:')

      Hapus
  12. Inspiratif banget ini tulisannya :))

    Aku baru baca tentang ini, benar juga ya para jemaah sholat subuh dimesjid biasanya bisa dihitung dengan jari.

    Benar banget, kita nggak perlu mengumpat, mencaci, atau apa. Yang bisa kita lakukan sekarang hanyalah berdoa, karena satu-satunya senjata umat Islam ya berdoa. Daripada mencaci di sosmed, apakah ada imbasnya setelah itu? Ingat, musuh itu semakin kita tentang semakin dia merajalela. Kalo kita biasa aja naggepinnya, ya paling nanti cape sendiri. Lebih baik diam tetapi dibalik diam itu melakukan hal yang berguna, meskipun hanya berdoa sekalipun. Insya Allah doanya selalu dijabah oleh Allah SWT :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih :')

      Biasanya juga jama'ah shalat subuh selain jumlahnya yang dikit, jarang banget yang masih muda kebanyakan udah aki-aki sama nini-nini, ada dimana para pemuda disaat suara adza memanggil -_-

      Amiin, semoga doa kita diijabah oleh Allah SWT :')

      Hapus
  13. Benar banget. Enggak usah banyak bicara dan koar koar enggak jela. Sedikit bicara, banyak doa, dan membantu dari berbagai segi yang kita bisa saja.

    Janji Allah pasti datang. Islam akan kembali menjadi jaya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin... Janji Allah jika saat mendekati akhir zaman, Islam akan menuju puncak kejayaan memang nggak bisa kita sangsikan, tinggal kitanya mau bertindak buat mencapai kejayaan islam apa enggak :D

      Hapus
  14. Iya sih, kadang kesel juga sama orang-orang yang on fire banget marah-marahnya, ujung2nya gue malah jd ga respect sama orang kayak gitu.

    well, gue udah pernah denger nih dari kaka mentor gue wkwk. kalo dipikir-pikir, cara kita buat menghentikan serangan Israel itu udah dikasihtau ya, dan caranya itu sederhana banget, tapi susah banget buat dijalanin.

    yaa sekarang kita cuma bisa berusaha semampu kita aja buat banyak2 doa&donasi, daripada cuma marah-marah di medsos tentang kemanusiaan tapi sendirinya nyebar foto-foto korban, sama aja ga manusiawi kan:)) #nooffense

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bro, buat apa kita maki-maki dan nglarin kata-kata kotor buat Israel, malah kesannya kita jadi sama aja kayak mereka -_-

      Bentuk bantuan yang paling nyata bua Palestina yaitu doa & donasi, dan juga dengan membuat artikel yang inspiratif kayak gini hehehe :D

      Hapus

Komentmu