30 komentar
  1. Sori bang, ane gak pernah dapet mapel kimia, kimia apaan tuh lah banyakan kode, kayak cewek!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode apanya ? yang dimainin rumus kok bukan kode hehe

      Hapus
  2. Gue punya temen di Teknik Kimia. Kemaren bulan Febuari 2016 dia lulus dengan Nilai yang keren. Jujur, gue dulu zaman masih SMA selalu penasaran sama pelajaran KIMIA. Tapi, karena kemampuan otak gue dalam menghitung rumus kimia kurang baik dan sering salah mulu. Endingnya harapan penasaran itu gue kubur gitu aja.

    Tapi, setelah kuliah, gue ketemua Kimia lagi. *Kan lelah abang dek... Tapi, syukurnya Kimianya bukan terapan. Lebih kepada Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, dan beberapa poin yg masih mampu gue serap.

    Menurut gue, peluang kerja Pendidikan Kimia atau Teknik Kimia gak jauh2lah. TEtep bisa jadi penulis juga. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo soal jadi penulis itu panggilan jiwa bang, nggk masalah basic pendidikannya apaan juga bisa hehe

      Hapus
  3. Mendengar kata skripsi aja udah nyeremin bang, apalagi di tambah penelitian tentang kimia, mungkin malah bom yang gue buat. kalo untuk mempelajari cabe-cabean mana yang akan menghasilkan cabe yang lebih hot, atau cabe yang pedasnya bikin tambah lagi. haha

    Mungkin kalo di kampus gue, peralatan kimianya belum secanggih yang ada di pulau jawa sana, jadi masih belum banyak peminat, apalagi bagi orang orang yang awam tentang kimia. namanya juga anak muda zaman sekarang, milih jurusan yang dilihat dari segi kerennya. (ngomongin diri sendiri)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo keren tapi dijalaninya nggak sreg malahan jadi masalah lagi kan hehehe

      Hapus
  4. Gue punya temen anak teknik kimia. Gila! Skripsinya tebel banget bang. 2 atau 3 kali lipat dari skripsi biasanya. Ahaha

    Dulu gue suka pelajaran kimia, terinspirasi film sinetron anak SMA yg suka campurin bahan2 kimia. Seru gitu.
    Tapi makin lama otak gue gak nyambung dan akhirnya gue pupus... hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tebel emng, soalnya yang dibikin kan pabrik kimia , paling asik tuh emng nyampurin-nyampurin bahan kimia,berasa jadi ilmuwan ya hehehe

      Hapus
  5. Jujur aja gue sempat bingung dan gak tahu bakal kemana orang yang kuliah tehnik kimia.
    Dulu gue pernah belajar kimia pas SMA itu juga cuma setahun dan gue gak ngerti sama sekali dan terlalu banyak rumus yang harus dihafal, mungkin karena gue ga ada minat sama sekali buat kesana. hehehe... tapi baca ini gue udah ada sedikit pengetahuan mengenai teknik kimia.

    BTW kak Yudi jurusan teknik kimia ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget, masih di teknik kimia dan belum lulus hehehe...

      Hapus
  6. Yudi, kamu dari jurusan teknik kimia? Kerennnn.

    Aku jujur aja,waktu SMA emang suka banget main di lab, mentang mentang anak IPA. Seneng banget mindahin cairan A dan B trus dikocok kocok di tabung reaksi. Tapi tiap ujian dan ngerjain soal selalu gagal ngumpulin semangat.

    Btw, apapun jurusannya, selama kita suka, pasti asik ngejalaninnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener,itu bagian favorit anak IPA praktikum dan main nyampur-nyampur bahan, iya bener banget... selama kita suka dengan apa yang kita lakuin insya allah bisa dimudahkan

      Hapus
  7. Baca ini aku jadi bernostalgia ke masa SMA. Ya karena dulu aku ambilnya ipa. Awalnya aku suka sama kimia, tapi faktor guru ternyata mempengaruhi. Setelah ganti guru kesukaanku sama si kimia ini ternyata ngilang gitu aja. Semoga kamu bisa terus suka sama kimia, sukses ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah bukan suka lagi ini, udah kaya darah nih hehehe.... iya makash doanya, hehe

      Hapus
  8. ehem, yang namanya teknik sih biasanya prospek kerjanya menggiurkan memang.
    teknik kmia sama teknkik2 lainnya sama aja, khusus buat IPA (ya pasti sih). jadi, sebagai anak ips gue pun tak bis aberbuat apa2.
    sebenarnya teknik kimia bukanlah jurusan yang terlalu banyak diminati, ya kan?? itulah kenapa jurusan ini... antimainstream! keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya karena kalau dibanding teknik lainnya teknik kimia relatif lebih susah hehehe

      Hapus
  9. Saya teknik industri.. beberapa matakuliah ada yang mirip dengan teknik kimia si.. yang pasti saya senang berada di fakultas teknik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam mahasiswa Teknik, brooo... ada yang mirip emng, tapi kalo nggk salah teknik industri lebih mirip ke teknik mesin, soal kimianya nggk spesifik-spesifik banget

      Hapus
    2. Bang abang universitas mana?

      Hapus
    3. Bang yudi universitas mana?

      Hapus
  10. Anak teknik kimia nih haha. toss dulu :D
    Alhamdulillah masa keteknik kimiaan saya sudah berubah, dari yang dulunya mahasiswa sekarang menjadi pencari pekerja. Mencari kerja dengan titel lulusan teknik kimia terbilang gampang, yang susah itu mencocokannya saja. Semangat ya, semoga cepat lulus. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam teknik kimia senior hehehe, semoga cepet dapet kerja dan semoga aku bisa cepet nyusul jadi pencari kerja juga hehe

      Hapus
    2. insyaAllah bisa, semangat :)

      Hapus
  11. Ngomongin soal kimia ... Saya paling sebel sama kimia.
    Gatau kenapa, ngitung nya udah panjaaaaang bener . . Rumus MOL lah apalah apalah. Pas kelar jawabannya 0,000001 MOL
    Ini pelajaran paling nyebelin. Walaupun pas lulus SMA saya baru sadar ternyata bikin teh itu perlu rumus kimia biar gula, teh, plus air panasnya mix jadi minuman mantap :D
    Kimia aja nyebelin, apalagi teknik kimia T^T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tekniknya malah bahasan kimianya lbih dikit, bnyakn fisika sama matematikanya hehe

      Hapus
  12. tadinya ingin sekali kuliah di jurusan ini setelah menyelesaikan sekolah kimia. tapi ga sanggup . eh malah nyasar di komunikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesasarnya udah lumayan jauh ya, itu salah arah apa salah belok hehe

      Hapus
  13. Saya selalu menyimpan kekaguman untuk orang-orang yang menggeluti bidang teknik kimia. Kenapa? alasannya jelas.. karena saya ga bisa seperti itu.. hahaha. Di banding fisika, saya lebih suka kimia, asik memang mengulik rumusnya juga "main" di lab nya. Tapi pas kuliah saya ga ngambil teknik kimia, saya mengambil fak pertanian dengan prodi pemuliaan tanaman... yang dalam filosofi dan konsepnya sama aja kayak kimia... di pemuliaan tanaman kita mengotak atik genetik dan merekayasa lingkungan agar tanaman yang dihasilkan bisa lebih unggul dibanding rata2 normal produktivitas tanaman yang sudah ada sebelumnya.
    Tulisan mas Yudi mengingatkan saya pada masa-masa kuliah dulu... what a wonderful memory it is :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi baper ya kak ? Sayanya malah nggk enak bikin orng baper hehe, iya hampir miriplah sama yng pertanian cuma kita cakupannya umum ke bahan kimia nggk fokus ke tanamannya,

      Hapus
  14. Terima kasih informasinya yang bermanfaat, salam dari kami dan kunjungi: https://kimia.akprind.ac.id

    BalasHapus

Komentmu