25 komentar
  1. wah kalo saya gerhana 1983 baru mau masuk SD. emg remang2 saat itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya waktu itu belum lahir hehehe... tapi tahu ceritanya dari bapak saya

      Hapus
  2. Aku belum lahir tahun segitu.

    Tapi sadar atau g, petuah orang dulu itu sebenernya punya makna yg baru bisa terungkap saat ini. Contoh kecil aja, jangan makan di depan pintu, nanti jodohnya menjauh, artian sebenarnya sih bukan itu, kalau ada tamu yg datang jalan si tamu buat masuk rumah jadi kehalang deh, akhirnya bisa jadi di males ngampirin rumah yg mau dia kunjungin. Tapi ya gitu orang dulu suka ngomong yg mistis2 biar anak2nya pada takut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak sih emng biasanya filosofi dri omongan sama petuahnya orang dulu hehehe

      Hapus
  3. Eh iya, dulu klo gak salah ada film gerhana gitu. Lupa2 inget si. Mungkin dulu gue masih di bedong makanya lupa2 ingat.. hehe

    Wah... sama nih kita cerita tentang gerhana tempo dulu. Di blog gue juga nulis gitu. Tapi gue lanjutin dengan mitos2 yg beradar.

    Oh iya. Setuju dengan kalimat terakhir. Pasti ucapan and cerita atau yg lebih beken petuah dari orang tua memiliki makna yg baik, gue si yakin itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berarti kita sepemikiran ya hehehe... iiya soalnya ini soal gerhana lagi menarik banget buat dibahas

      Hapus
  4. sebelum denger cerita, denger sindiran dulu berarti ya.. :D
    tapi emang, petuah2 dari orang tua eamng wajib kita dengar..
    buat dijadiin pengalaman.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, emng cara orang tua nyindir emang begitu hehehe

      Hapus
  5. Ibu gua juga cerita tentang gerhana, dan dia bawaannya pamer karena pernah ngerasain yang namanya gerhana. Soalnya, kata ibu gua pas tahun 1983 gerhananya lebih gelap dari yang tahun ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ibumu sama bapakku seumuran, apa mungkin mereka saling kenal hehehe.... iya, dulu emng bener bener kaya malem kok

      Hapus
  6. iyaa, kata orang tua ku juga tahun 1983 dulu di kota ku Surabaya juga mengalami gerhana matahari total. dan pada waktu itu suasananya emang bener-bener gelap banget kayak malam hari dan berlangsung selama beberapa menit gitu. katanya dulu waktu gerhana matahari nggak boleh lihat langsung dengan mata telanjang karena nantinya bisa buta. entah itu beneran atau sekedar mitos.

    haha, bapak kamu nyindirnya alus banget yaa, bisa aja disela-sela cerita beliau membanggakan dirinya yang dulu. tapi gapapa lah bisa menjadi motivasi bagi anaknya.

    iya, orang dulu emang unik-unik mitosnya, dan hal yang dilakukan juga unik-unik, kayak pukul-pukul panci itu. bersyukurlah orang yang hidup di jaman sekarang ya karena apa-apa serba dimudahkan oleh internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya broo... tapi tadi aku lihat berita pas ada gerhana masih banyak warga yang mukul-mukul panci,apa mereka orang dari masa lalu ya

      Hapus
  7. Hhhhhh.... harus ngakuin nih... waktu gerhana dulu itu aku udah lahir. *hening

    BalasHapus
    Balasan
    1. komenntnya singkat tapi penuh makna tersirat hehehe

      Hapus
  8. Perasaan pernah kedua orang orang diatas deh, entah liat atau nonton serial tv nya. Duh lupa gue...

    Bener banget tuh, walaupun ceritanya agak sedikit kuno, kita harus mendengarkannya karena ada pelajaran yang dapat kita petik dari kejadian tersebut.

    Pas tahun 83 gue dimana ya, mungkin lagi di rancang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirancang ? emng kamu mesin apa ? wkwkwk

      Hapus
  9. aku kok gak terlalu ngeh sama tokoh gerhana itu ya? padahal temen2ku dulu paling rame kalo udah ngomongin gerhana
    utk GMT kemaren, aku ketiduran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah... kamu udah melewatkan momen langka yang cuma ada kejadiannya 350 tahun sekali, moga aja 350 tahun lagi bisa ngelihat dan nggk ketiduran lagi hehe

      Hapus
  10. Jangan pernah ngeremehin orang jadul ya. Orang jadul itu imajinasinya tinggi lho. Gerhana matahari dibilang di makan Raksasa. Walaupun dari imajinasi tujuannya buat kebaikan kayak yang dibilang mbak Pipit, tapi ada kok mitos buat bohongin anak kecil.

    Kayak gue dulu, Gak boleh makan Brutu Ayam bisa bikin pikun. Anak kecil itu harusnya makan Ceker Ayam, biar larinya cepet. Faktanya Brutu Ayam yang dagingnya empuk biar nggak dimakan anak kecil, tapi biar makan Ceker Ayam yang dagingnya dikit banget. Nggak bikin kenyang. Cari untung tuh orang jadul, tapi anak kecil tetep aja percaya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, ada kaya semacam penipuan gitu ya wkwkwk

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  11. Lah pas gerhana kemaren kan juga ada anak kembar yang lahir. Namanya gerhana dan matahari. Wah, udah kembar, lahirnya pas gerhana pula. Kekuatan supernya pasti dobel..
    *terlalu banyak ngayal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daya khayalku blum nyampe jauh kesitu wkwk

      Hapus
  12. zaman dahulu mah, fenomena alam sama mitos emang erat kaitannya. hahaha, itu sinetron gerhana gue pernah nonton waktu masih kecil. keren tuh, bisa banting orang dengan sekali tatapan mata. cerita orang tua memang dahsyat ya, selalu ada nasihat yang disisipkan dari cerita walalu pun agak sedikit membosankan :)

    BalasHapus

Komentmu